Rabu, 26 April 2017

Analisis IFAS, EFAS dan SWOT pada PT. Indo Sena Logistik

PT. INDO SENA LOGISTIK


Tentang kami
                             
Terdiri sejak tahun 2016 sebagai sebuah perusahaan internasional yang bergerak dalam bidang ekspedisi dan berkembang pesat agar dapat memenuhi permintaan yang semakin meningkat dalam dunia logistic. Meskipun kami masih baru tetapi kami telah berpengalaman dan terpercaya dalam bidang ini. Yakni untuk mengatur pengiriman barang bagi perorangan maupun perusahaan agar mendapatkan barang-barang dari produsen sampai ke titik akhir distribusi.

Anda dapat mempercayakan kepada kami untuk menangani segala macam kebutuhan transportasi anda dengan cara apapun, apakah itu transportasi udara, transportasi laut maupun transportasi darat, kami akan melakukan yang terbaik.

Kami menjamin anda akan ditangani oleh staff kami yang berkualitas dan sudah terlatih sehingga siap untuk melayani anda kapan saja.
Kami ingin melayani anda dengan pelayanan yang terbaik dan tentunya dengan rate terendah, karena kami menyadari bahwa “Efisiensi Biaya” adalah kunci kepuasan anda.

Visi :

Untuk menjadi jasa pengiriman barang internasional yang terbaik, memenuhi kebutuhan pelanggan dalam bidang transportasi dan jasa logistic, menargetkan pertumbuhan yang luas dan menjadi salah satu yang paling menguntungkan dalam industry kami.

Misi :
  • Untuk memberikan pelayanan yang sesuai dengan standar internasioanl
  • Untuk memberikan rasa keamanan kepada pelanggan kami dalam hal pengiriman barang
  • Tumbuh secara intensif dan menjadi yang terbaik didalam bidang industry ini
  • Untuk menjadi mitra bisnis yang menarik bagi pelanggan kami

Value :
  • Kompetitif rate (Low Cost) adalah apa yang kami berikan...
  • Solusi terbaik adalah apa yang kami tawarkan...
  • Pelayanan tercepat adalah apa yang kami sediakan...
  • Terpercaya adalah kami yang sebenarnya...

ANALISIS IFAS :

A. Sumber Daya
  • Berwujud : Kantor, SDM, Shipper (Konsumen), Fendor Pelayaran, Fendor Trucking
  • Tidak Berwujud : Brand, Pelayanan, Harga, Kepuasan Shipper, Laporan Keuangan

B. Core
  • Memiliki harga yang dapat bersaing
  • Memberi Term of Payment yang cukup lama
  • Komunikasi dengan shipper dapat dilakukan meskipun diluar jam kantor

C. Keunggulan Daya Saing yang Berkesinambungan
  • Memberi harga dibawah pesaing dengan kualitas pelayanan yang maksimal
  • Mempunyai akses langsung ke pelayaran sehingga mudah untuk memberi pelayanan kepada shipper

D. Daya Saing
  • Pelayanan dari PT. Indo Sena Logistik yang lebih unggul dari pesaing

E. Value Chain PT. Indo Sena Logistik




F. Analisis Lingkungan Terdiri atas Lingkungan Eksternal dan Internal (Strength & Weakness).
  • Service
  • SOP
  • Keuangan
  • SDM
  • Marketing
  • Harga
  • Ketepatan Waktu
  • Pelayaran
  • Trucking

G. Kondisi Internal Perusahaan Strategic Advantage Profile (SAP)



H. Kuesioner Internal Factor Analysis Strategi untuk Mengetahui Kekuatan (Strength)



I. Kuesioner Internal Factor Analysis Strategi untuk Mengetahui Kelemahan (Weakness)



ANALISIS EFAS :

A. Kondisi Eksternal Perusahaan Strategic Advantage Profile (SAP)



B. Kuesioner Eksternal Factor Analysis Strategi untuk Mengetahui Peluang dan Ancaman (Opportunity and Threat)



ANALISIS MATRIKS SWOT :



DIAGRAM SWOT :



Setelah diketahui titik pertemuan diagonal-diagonal tersebut (X), maka posisi unit usaha diketahui pada kuadran I namun cenderung dekat pada kuadran II sehingga perlu diadakan penyempurnaan analisis dengan menghitung luasan wilayah pada tiap-tiap kuadran.
Hasil perhitungan dari masing-masing kuadran dapat digambarkan pada tabel berikut ini :


Program - program atau strategi yang dapat direncanakan untuk pengembangan perusahaan :


By :
Fatmawati
01214091
Manajemen B

Tidak ada komentar:

Posting Komentar