Senin, 13 Maret 2017

Perbedaan Strategi dan Taktik Perusahaan PT Panasonic Gobel Indonesia (Panasonic)

Definisi Strategi

Strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu.

Didalam strategi yang baik terdapat koordinasi tim kerja, memiliki tema, mengidentifikasi factor pendukung yang sesuai dengan prinsip-prinsip pelaksanaan, gagasan secara rasional, efisien dalam pendanaan, dan memiliki taktik untuk mencapai tujuan secara efektif.




Perbedaan Strategi dan taktik

Strategi adalah menentukan apa yang harus dikerjakan sedangkan Taktik adalah menentukan bagaimana kita mengerjakan sesuatu.

Strategi yang baik adalah mampu memenangkan persaingan tanpa harus berkonfrontasi dan melakukan pengorbanan yang terlalu besar atau mengeluarkan cost yang besar. Taktik (operasi) adalah menentukan bagaimana kita mengerjakan sesuatu agar memenangkan persaingan (bagaimana kita mengimplementasikan strategi yang sudah dirumuskan).

Strategi dibedakan dengan taktik yang memiliki ruang lingkup yang lebih sempit dan waktu yang lebih singkat, walaupun pada umumnya orang sering kali mencampuradukkan ke dua kata tersebut.
Contoh berikut menggambarkan perbedaannya, "Strategi untuk memenangkan keseluruhan kejuaraan dengan taktik untuk memenangkan satu pertandingan".
Pada awalnya kata ini dipergunakan untuk kepentingan militer saja tetapi kemudian berkembang ke berbagai bidang yang berbeda seperti strategi bisnis, olahraga (misalnya sepak bola dan tenis), catur, ekonomi, pemasaran, perdagangan, manajemen strategi, dll.


Study kasus tentang Strategi dan Taktik Perusahaan PT Panasonic Gobel Indonesia (Panasonic)

Panasonic Gobel Indonesia Perkuat Perusahaan dengan Umumkan Strategi Bisnis Baru di Tahun 2013. Penunjukan Hiroyoshi Suga sebagai President Director Baru Panasonic Gobel Indonesia serta perluasan pasar di kelas premium dan menengah.
Jakarta, 12 April 2013 — PT Panasonic Gobel Indonesia (Panasonic) hari ini mengumumkan beberapa strategi bisnis di tahun 2013 sebagai bentuk kesiapan Perusahaan atas dinamisme pasar elektronika Indonesia. Hal ini diwujudkan melalui penunjukan President Director baru, Hiroyoshi Suga, serta memperluas tidak hanya pasar premium tetapi juga menengah melalui produk AC, kulkas dan TV.






“Indonesia merupakan salah satu pasar penting Panasonic. Kami berharap penerapan strategi bisnis tersebut akan terus meningkatkan penjualan kami di tahun 2013 hingga 25%. Kami menyambut baik kompetisi pada pasar elektronika yang semakin ramai dan memperkuat lini produk dan layanan kami sesuai kebutuhan konsumen di Indonesia.” ujar Hiroyoshi Suga, President Director Panasonic Gobel Indonesia.

Suga sendiri telah memiliki pengalaman internasional lebih dari 29 tahun dengan bekerja di Panasonic Amerika, Jepang, Cina, dan Singapura. Berperan sebagai Managing Director Asia Pacific tahun 2012, Suga mengerti kedinamisan pasar Asia dan siap mengaplikasikan strategi penjualan yang telah berhasil diterapkan di beberapa negara yang keadaan pasarnya mirip dengan Indonesia, seperti Thailand.

Selain penunjukan President Director baru, Panasonic juga melakukan beberapa fokus pada produk unggulannya, seperti AC Econavi untuk kelas premium, kulkas Alowa+ untuk kelas menengah dan TV Viera untuk kelas premium dan menengah. Dengan fokus penjualan produk tersebut, Panasonic berharap dapat memperluas cakupan penjualan tidak hanya kepada kelas premium tetapi juga ke kelas menengah untuk memberikan pilihan yang lebih luas kepada konsumen.

·         Econavi Air Conditioner (AC)
Dapat dikatakan bahwa AC telah menjadi tulang punggung Panasonic. Dengan meningkatnya penjualan AC di tahun 2012 sejak adanya teknologi econavi yang hanya dimiliki oleh Panasonic dengan human sensor dan sun light detection yang menghemat hingga 20% penggunaan listrik. Econavi sendiri berfungsi mendeteksi intensitas cahaya redup dan mengurangi kinerja AC untuk mendinginkan ruangan. Sementara itu saat intensitas cahaya tinggi seperti pada kondisi siang hari atau cerah, Sunlight Detection akan menyesuaikan kinerja AC untuk mendinginkan ruangan.

·         Kulkas Alowa+
Produk unggulan kedua yang akan difokuskan pada tahun 2013 adalah Kulkas Alowa +. Kulkas Alowa+ adalah kulkas yang memiliki 97 watt menjadi kulkas dengan watt terendah dengan suhu terdingin dibandingkan kompetitor. Dilengkapi dengan lampu LED yang hemat energi dan tahan hingga 7 tahun penggunaan.

·         TV Viera
Pada tahun 2013, Panasonic meluncurkan 2 tipe: Smart Viera untuk kelas premium dan Viera untuk kelas menengah dengan inchi kecil (22” hingga 29”). Untuk Smart Viera sendiri mengedepankan 3 teknologi baru:
1)   My Home Screen : Fitur ini memberikan pilihan kepada konsumen untuk menyesuaikan menu di TV sesuai dengan aktifitas TV favoritnya, seperti saluran favorit, website di internet, video dan foto favorit.
2) Voice Interaction : Dengan hanya memberikan perintah dan berbicara melalui Touch Pad Controller atau telepon pintar yang berfungsi sebagai remote control, maka Smart Viera akan menampilkan permintaan yang diperintahkan pengguna.
3)    Swipe & Share 2.0 : Dengan menggabungkan koneksi tablet/telepon pintar dengan Smart Viera maka konsumen dapat memindahkan konten di tablet/ telepon pintar ke TV.

“Untuk mencapai target penjualan, kami ingin menjangkau pasar yang lebih luas, yakni premium dan menengah. AC, kulkas, dan TV adalah perwakilan produk kami yang dapat membantu kami mewujudkan hal tersebut. Dengan strategi yang baru, saya yakin Panasonic akan mencapai targetnya dan terus berkembang.” tutup Suga. 





Perbedaan tentang strategi dan taktik pada perusahaan PT Panasonic Gobel Indonesia (Panasonic)



Strategi PT Panasonic Gobel Indonesia
Taktik PT Panasonic Gobel Indonesia
Penunjukan Hiroyoshi Suga sebagai President Director Baru Panasonic Gobel Indonesia
Hiroyoshi Suga siap mengaplikasikan strategi penjualan yang telah berhasil diterapkan di beberapa negara yang keadaan pasarnya mirip dengan Indonesia, seperti Thailand
Strategi perluasan pasar
Menjangkau pasar yang lebih luas, yakni kelas premium dan kelas menengah



Seperti AC Econavi untuk kelas premium, kulkas Alowa+ untuk kelas menengah dan TV Viera untuk kelas premium dan menengah



Fokus pada produk unggulannya
AC dengan teknologi econavi yang hanya dimiliki oleh Panasonic dengan human sensor dan sun light detection yang menghemat hingga 20% penggunaan listrik

Kulkas dengan watt terendah dengan suhu terdingin dibandingkan kompetitor. Dilengkapi dengan lampu LED yang hemat energi

Smart TV untuk kelas premium dan kelas menengah yang mempunyai spesifikasi teknologi luar biasa dengan harga yang dapat dijangkau oleh masing-masing pasar (premium dan menengah)


Definisi Manajemen Strategik

Menurut W.F. Glueck Manajemen strategi adalah serangkaian keputusan-keputusan dan tindakan-tindakan manajerial yang mengarah pada penyusunan strategi-strategi efektif untuk mencapai tujuan perusahaan.

Manajemen Strategik adalah suatu suatu seni dan ilmu untuk menciptakan keunggulan bersaing yang berkesinambungan sehingga dapat mencapai tujuan perusahaan.

Jadi Manajemen Strategik adalah Suatu suatu seni dan ilmu strategi, Cara untuk menciptakan keunggulan  bersaing yang berkesinambungan, Manajemen Untuk mencapai tujuan perusahaan secara efektif dan efisien melalui serangkaian keputusan strategik.


Manajemen Strategik dalam perusahaan akan berkembang melalui 4 tahap berurutan :
                                                                                                                     
Tahap 1. Perencanaan Keuangan Dasar
mencari pengendalian operasional yang lebih baik melalui pemenuhan anggaran

Tahap 2. Perencanaan Berbasis Peramalan
mencari perencanaan yg lebih efektif untuk pertumbuhan dengan mencoba meramalkan masa yang akan datang melebihi dari tahun berikutnya.

Tahap 3. Perencanaan Strategis
Mencari cara untuk meningkatkan respon terhadap pasar persaingan dg mencoba berpikir secara strategis

Tahap 4. Manajemen Strategis
Mencari cara untuk mengelola semua sumber daya guna mengembangkan keunggulan kompetitif dan membantu menciptakan kesuksesan dimasa yg akan datang.



Bagaimana Perusahaan PT Panasonic Gobel Indonesia (Panasonic) mengimplementasikan Manajemen Strategik

Implementasi manajemen stratejik pada perusahaan PT Panasonic Gobel Indonesia (Panasonic) dapat terlihat dari penunjukan Hiroyoshi Suga sebagai President Director Baru Panasonic Gobel Indonesia. Disini terlihat bahwa President Director yang baru yang dipilih ini yaitu Hiroyoshi Suga telah memiliki pengalaman internasional lebih dari 29 tahun dengan bekerja di Panasonic Amerika, Jepang, Cina, dan Singapura. Berperan sebagai Managing Director Asia Pacific tahun 2012, Suga mengerti kedinamisan pasar Asia dan siap mengaplikasikan strategi penjualan yang telah berhasil diterapkan di beberapa negara yang keadaan pasarnya mirip dengan Indonesia, seperti Thailand.

Hiroyoshi Suga sendiri mengerti bahwa kompetisi pasar elektronika di pasar Asia khusunya Indonesia semakin ramai dan banyak kompetitor-kompetitor baru bermunculan, tetapi Dia mempunyai strategi dan taktik sendiri untuk dapat mencapai targetnya yaitu meningkatkan penjualan produk Panasonic di tahun 2013 hingga 25%.



Selain memilih President Director baru, Panasonic juga akan menerapkan beberapa strategi lain yakni Perluasan Pasar dan Fokus Pada Produk Unggulan Panasonic. Pasar Indonesia adalah pasar yang terdiri dari kelas premium dan menengah, Panasonic mengerti bagaimana cara agar dapat mencakup semua pasar di Indonesia, produk-produk unggulan yang didesain untuk masing-masing pasar, seperti AC Econavi untuk kelas premium, kulkas Alowa+ untuk kelas menengah dan TV Viera untuk kelas premium dan menengah. Dengan fokus penjualan produk tersebut, Panasonic berharap dapat memperluas cakupan penjualan tidak hanya kepada kelas premium tetapi juga ke kelas menengah untuk memberikan pilihan yang lebih luas kepada konsumen.


Penulis : Fatmawati / 01214091/ Ekonomi Manajemen / Universitas Narotama Surabaya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar