Definisi Strategi
Strategi adalah
pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksaan gagasan,
perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu.
Didalam strategi
yang baik terdapat koordinasi tim kerja, memiliki tema, mengidentifikasi factor
pendukung yang sesuai dengan prinsip-prinsip pelaksanaan, gagasan secara
rasional, efisien dalam pendanaan, dan memiliki taktik untuk mencapai tujuan secara
efektif.
Perbedaan Strategi dan taktik
Strategi adalah menentukan apa yang harus
dikerjakan sedangkan Taktik adalah menentukan bagaimana kita mengerjakan
sesuatu.
Strategi yang baik adalah mampu memenangkan
persaingan tanpa harus berkonfrontasi dan melakukan pengorbanan yang terlalu
besar atau mengeluarkan cost yang besar. Taktik (operasi) adalah menentukan
bagaimana kita mengerjakan sesuatu agar memenangkan persaingan (bagaimana kita
mengimplementasikan strategi yang sudah dirumuskan).
Strategi dibedakan
dengan taktik yang memiliki ruang lingkup yang lebih sempit dan waktu yang lebih singkat, walaupun pada umumnya
orang sering kali mencampuradukkan ke dua kata tersebut.
Contoh berikut
menggambarkan perbedaannya, "Strategi untuk memenangkan keseluruhan
kejuaraan dengan taktik untuk memenangkan satu pertandingan".
Pada awalnya kata
ini dipergunakan untuk kepentingan militer saja tetapi kemudian berkembang ke berbagai
bidang yang berbeda seperti strategi bisnis, olahraga (misalnya sepak bola dan tenis), catur, ekonomi, pemasaran, perdagangan, manajemen
strategi, dll.
Study kasus tentang Strategi
dan Taktik Perusahaan PT Panasonic Gobel Indonesia (Panasonic)
Panasonic Gobel Indonesia Perkuat Perusahaan
dengan Umumkan Strategi Bisnis Baru di Tahun 2013. Penunjukan Hiroyoshi Suga
sebagai President Director Baru Panasonic Gobel Indonesia serta perluasan pasar
di kelas premium dan menengah.
Jakarta, 12 April 2013 — PT Panasonic Gobel
Indonesia (Panasonic) hari ini mengumumkan beberapa strategi bisnis di tahun
2013 sebagai bentuk kesiapan Perusahaan atas dinamisme pasar elektronika
Indonesia. Hal ini diwujudkan melalui penunjukan President Director baru,
Hiroyoshi Suga, serta memperluas tidak hanya pasar premium tetapi juga menengah
melalui produk AC, kulkas dan TV.
“Indonesia
merupakan salah satu pasar penting Panasonic. Kami berharap penerapan strategi
bisnis tersebut akan terus meningkatkan penjualan kami di tahun 2013 hingga
25%. Kami menyambut baik kompetisi pada pasar elektronika yang semakin ramai
dan memperkuat lini produk dan layanan kami sesuai kebutuhan konsumen di
Indonesia.” ujar Hiroyoshi Suga, President Director Panasonic Gobel Indonesia.
Suga sendiri telah memiliki pengalaman internasional lebih dari 29 tahun dengan bekerja di Panasonic Amerika, Jepang, Cina, dan Singapura. Berperan sebagai Managing Director Asia Pacific tahun 2012, Suga mengerti kedinamisan pasar Asia dan siap mengaplikasikan strategi penjualan yang telah berhasil diterapkan di beberapa negara yang keadaan pasarnya mirip dengan Indonesia, seperti Thailand.
Selain penunjukan President Director baru, Panasonic juga melakukan beberapa fokus pada produk unggulannya, seperti AC Econavi untuk kelas premium, kulkas Alowa+ untuk kelas menengah dan TV Viera untuk kelas premium dan menengah. Dengan fokus penjualan produk tersebut, Panasonic berharap dapat memperluas cakupan penjualan tidak hanya kepada kelas premium tetapi juga ke kelas menengah untuk memberikan pilihan yang lebih luas kepada konsumen.
Suga sendiri telah memiliki pengalaman internasional lebih dari 29 tahun dengan bekerja di Panasonic Amerika, Jepang, Cina, dan Singapura. Berperan sebagai Managing Director Asia Pacific tahun 2012, Suga mengerti kedinamisan pasar Asia dan siap mengaplikasikan strategi penjualan yang telah berhasil diterapkan di beberapa negara yang keadaan pasarnya mirip dengan Indonesia, seperti Thailand.
Selain penunjukan President Director baru, Panasonic juga melakukan beberapa fokus pada produk unggulannya, seperti AC Econavi untuk kelas premium, kulkas Alowa+ untuk kelas menengah dan TV Viera untuk kelas premium dan menengah. Dengan fokus penjualan produk tersebut, Panasonic berharap dapat memperluas cakupan penjualan tidak hanya kepada kelas premium tetapi juga ke kelas menengah untuk memberikan pilihan yang lebih luas kepada konsumen.
·
Econavi Air Conditioner (AC)
Dapat dikatakan bahwa AC telah menjadi tulang
punggung Panasonic. Dengan meningkatnya penjualan AC di tahun 2012 sejak adanya
teknologi econavi yang hanya dimiliki oleh Panasonic dengan human sensor dan
sun light detection yang menghemat hingga 20% penggunaan listrik. Econavi
sendiri berfungsi mendeteksi intensitas cahaya redup dan mengurangi kinerja AC
untuk mendinginkan ruangan. Sementara itu saat intensitas cahaya tinggi seperti
pada kondisi siang hari atau cerah, Sunlight Detection akan menyesuaikan
kinerja AC untuk mendinginkan ruangan.
·
Kulkas Alowa+
Produk unggulan kedua yang akan difokuskan
pada tahun 2013 adalah Kulkas Alowa +. Kulkas Alowa+ adalah kulkas yang
memiliki 97 watt menjadi kulkas dengan watt terendah dengan suhu terdingin
dibandingkan kompetitor. Dilengkapi dengan lampu LED yang hemat energi dan tahan
hingga 7 tahun penggunaan.
·
TV Viera
Pada tahun 2013, Panasonic meluncurkan 2
tipe: Smart Viera untuk kelas premium dan Viera untuk kelas menengah dengan
inchi kecil (22” hingga 29”). Untuk Smart Viera sendiri mengedepankan 3
teknologi baru:
1) My
Home Screen : Fitur ini memberikan pilihan kepada konsumen untuk menyesuaikan
menu di TV sesuai dengan aktifitas TV favoritnya, seperti saluran favorit,
website di internet, video dan foto favorit.
2) Voice
Interaction : Dengan hanya memberikan perintah dan berbicara melalui Touch Pad
Controller atau telepon pintar yang berfungsi sebagai remote control, maka
Smart Viera akan menampilkan permintaan yang diperintahkan pengguna.
3) Swipe
& Share 2.0 : Dengan menggabungkan koneksi tablet/telepon pintar dengan
Smart Viera maka konsumen dapat memindahkan konten di tablet/ telepon pintar ke
TV.
“Untuk
mencapai target penjualan, kami ingin menjangkau pasar yang lebih luas, yakni
premium dan menengah. AC, kulkas, dan TV adalah perwakilan produk kami yang
dapat membantu kami mewujudkan hal tersebut. Dengan strategi yang baru, saya
yakin Panasonic akan mencapai targetnya dan terus berkembang.” tutup Suga.
Perbedaan tentang strategi dan taktik pada perusahaan PT Panasonic Gobel Indonesia
(Panasonic)
Strategi PT
Panasonic Gobel Indonesia
|
Taktik
PT Panasonic Gobel Indonesia
|
Penunjukan Hiroyoshi Suga sebagai President
Director Baru Panasonic Gobel Indonesia
|
Hiroyoshi Suga siap mengaplikasikan
strategi penjualan yang telah berhasil diterapkan di beberapa negara yang
keadaan pasarnya mirip dengan Indonesia, seperti Thailand
|
Strategi perluasan pasar
|
Menjangkau pasar yang lebih luas, yakni kelas
premium dan kelas menengah
|
Seperti AC Econavi untuk kelas premium,
kulkas Alowa+ untuk kelas menengah dan TV Viera untuk kelas premium dan
menengah
|
|
Fokus pada produk unggulannya
|
AC dengan teknologi econavi yang hanya
dimiliki oleh Panasonic dengan human sensor dan sun light detection yang
menghemat hingga 20% penggunaan listrik
|
Kulkas dengan watt terendah dengan suhu
terdingin dibandingkan kompetitor. Dilengkapi dengan lampu LED yang hemat
energi
|
|
Smart TV untuk kelas premium dan kelas
menengah yang mempunyai spesifikasi teknologi luar biasa dengan harga yang
dapat dijangkau oleh masing-masing pasar (premium dan menengah)
|
Definisi Manajemen Strategik
Menurut W.F. Glueck Manajemen strategi adalah serangkaian
keputusan-keputusan dan tindakan-tindakan manajerial yang mengarah pada
penyusunan strategi-strategi efektif untuk mencapai tujuan perusahaan.
Manajemen Strategik adalah suatu suatu seni dan ilmu
untuk menciptakan keunggulan bersaing yang berkesinambungan sehingga dapat
mencapai tujuan perusahaan.
Jadi Manajemen Strategik adalah Suatu suatu seni dan ilmu
strategi, Cara untuk menciptakan keunggulan bersaing
yang berkesinambungan, Manajemen Untuk mencapai tujuan perusahaan secara
efektif dan efisien melalui serangkaian keputusan strategik.
Manajemen Strategik dalam perusahaan akan berkembang melalui 4
tahap berurutan :
Tahap 1. Perencanaan Keuangan Dasar
mencari pengendalian operasional yang lebih baik melalui
pemenuhan anggaran
Tahap 2. Perencanaan Berbasis Peramalan
mencari perencanaan yg lebih efektif untuk pertumbuhan
dengan mencoba meramalkan masa yang akan datang melebihi dari tahun berikutnya.
Tahap 3. Perencanaan Strategis
Mencari cara untuk meningkatkan respon terhadap pasar
persaingan dg mencoba berpikir secara strategis
Tahap 4. Manajemen Strategis
Mencari cara untuk mengelola semua sumber daya guna
mengembangkan keunggulan kompetitif dan membantu menciptakan kesuksesan dimasa
yg akan datang.
Bagaimana Perusahaan PT Panasonic Gobel
Indonesia (Panasonic) mengimplementasikan Manajemen Strategik
Implementasi manajemen
stratejik pada perusahaan PT Panasonic Gobel Indonesia (Panasonic) dapat
terlihat dari penunjukan Hiroyoshi Suga sebagai President Director Baru
Panasonic Gobel Indonesia. Disini terlihat bahwa President Director yang baru
yang dipilih ini yaitu Hiroyoshi Suga telah memiliki pengalaman internasional
lebih dari 29 tahun dengan bekerja di Panasonic Amerika, Jepang, Cina, dan
Singapura. Berperan sebagai Managing Director Asia Pacific tahun 2012, Suga
mengerti kedinamisan pasar Asia dan siap mengaplikasikan strategi penjualan
yang telah berhasil diterapkan di beberapa negara yang keadaan pasarnya mirip
dengan Indonesia, seperti Thailand.
Hiroyoshi Suga sendiri
mengerti bahwa kompetisi pasar elektronika di pasar Asia khusunya Indonesia semakin
ramai dan banyak kompetitor-kompetitor baru bermunculan, tetapi Dia mempunyai
strategi dan taktik sendiri untuk dapat mencapai targetnya yaitu meningkatkan
penjualan produk Panasonic di tahun 2013 hingga 25%.
Selain memilih President
Director baru, Panasonic juga akan menerapkan beberapa strategi lain yakni
Perluasan Pasar dan Fokus Pada Produk Unggulan Panasonic. Pasar Indonesia
adalah pasar yang terdiri dari kelas premium dan menengah, Panasonic mengerti
bagaimana cara agar dapat mencakup semua pasar di Indonesia, produk-produk
unggulan yang didesain untuk masing-masing pasar, seperti AC Econavi untuk
kelas premium, kulkas Alowa+ untuk kelas menengah dan TV Viera untuk kelas
premium dan menengah. Dengan fokus penjualan produk tersebut, Panasonic
berharap dapat memperluas cakupan
penjualan tidak hanya kepada kelas premium tetapi juga ke kelas menengah untuk
memberikan pilihan yang lebih luas kepada konsumen.
Penulis : Fatmawati / 01214091/ Ekonomi Manajemen / Universitas Narotama Surabaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar